Berbagi Referensi Tugas

Sistematika Penulisan Makalah

Salah satu hal yang sangat penting yang harus kita perhatikan untuk membuat sebuah makalah adalah kita harus memahami dulu sistematika penulisan makalah. Meskipun pada setiap bidang ilmu bisa dijabarkan dalam sebuah makalah, bukan berarti semua makalah tersebut dibuat seragam. Sistematika penulisan makalah yang sama itu hanya kerangkanya saja, dari segi isi dan cara penyampaiannya tidaklah sama tapi disesuaikan dengan fungsi dan tujuan pembuatan makalah tersebut. 
Membuat makalah berarti memperjelas penyampaian dari teori, sehingga kita bisa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. karena itu makalah itu harus sistematis.
Sistematika penulisan makalah

Bagaimana sistematika penulisan makalah itu? Meskipun kita sudah pernah atau malahan sering membuat makalah, tetap saja ada salah satu sistematika penulisan makalah yang luput dari perhatian kita. Jika begitu sebaiknya kita lihat lagi bagaimana sistematika penulisan makalah itu. 

Penulisan makalah disusun per bab. Bab-bab tersebut terdiri atas :
Bab I - Pendahuluan
Terdiri atas:
Latar belakang, yang berisi alasan mendasar pemilihan topik. Dapat berupa paparan teoritis maupun paparan praktis, tetapi jangan libatkan alasan yang bersifat pribadi atau alasan subjektif.
Masalah atau topik bahasan, berisi intisari dari topik yang ingin dibahas.
Sistematika penulisan, berisi garis besar yaitu apa yang ditulis mulai dari pendahuluan, isi, sampai penutup.
Tujuan penulisan, berisi maksud tulisan, apa yang ingin dicapai dan deskripsi sasaran penulisan.

Bab II - Pembahasan / Analisis
Bab ini berisi penjelasan tentang topik dan sub bagian dari topik dengan menyertakan data – data pendukung atau referensi yang sesuai berdasarkan topik.
Bahasan dan analisis ini harusnya murni bahasa dari Anda dan Segala bentuk sumber / referensi wajib dicantumkan di 2 (dua) bagian makalah, yaitu: bagian yang dikutip di bab Pembahasan, dan bab Daftar Referensi

Bab III - Penutup
Bab ini terdiri atas:
Kesimpulan, berisi intisari dari hasil pembahasan dalam kalimat yang jelas. atau bisa juga tulisan dalam bentuk poin-poin.
Implikasi, berisi dampak yang mungkin timbul dari pembahasan Anda. Poin implikasi ini boleh disertakan, boleh juga tidak.
Saran, berisi tentang rekomendasi atau tindak lanjut kepada pihak-pihak terkait.

Daftar Pustaka
Berisi catatan semua sumber yang dipergunakan dalam penulisan makalah.

Lampiran
Berisi hal-hal yang bersifat pelengkap yang dipakai dalam proses penulisan makalah. Seperti data yang berupa angka, grafik, atau deskripsi verbal yang dianggap sangat penting. Bagian ini tidak dimasukkan dalam batang tubuh makalah. Jangan lupa untuk member nomor halaman pada bagian lampiran ini.
Daftar pustaka atau daftar referensi ini sangat penting untuk menunjang kelengkapan dan keotentikan materi



0 komentar "Sistematika Penulisan Makalah", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar

Terima kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat..!!