RUANG LINGKUP AKUNTANSI MANAJEMEN

Mengoprasikan sebuah organisasi yang kompleks dengan efisien dan efektif, manajemen membutuhkan informasi terinci tentang operasi perusahaan. Tanpa informasi tentang operasi, manajemen tidak mungkin membuat keputusan dengan tepat.

Tiga hal penting yang mendasari pembahasan akuntansi manajemen, yaitu : Laporan Akuntansi, Hubungan antar Aktivitas dalam Perusahaan, dan Proses Pengolahan.
Tugas pokok akuntansi adalah membantu manajemen memperoleh informasi, mengorganisasikan, dan menyajikan dalam bentuk laporan yang berupa informasi keuangan untuk pencapaian tujuan perusahaan.
Letak fungsi akuntansi dalam organsisasi adalah sebagai staf yang mempunyai tugas tidak langsung dalam mencapai tujuan perusahaan sebagai jasa informasi dan konsultasi.

Secara garis besar, ruang lingkup manajemen meliputi organisasi dan tujuan organisasi, strategi, struktur organisasi, fungsi manajemen.
Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja bersama dan bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Tujuan adalah arah yang hendak dicapai oleh sebuah organisasi. Dilihat dari tujuannya, organisasi “nirlaba dan laba”.
Strategi perusahaan dalam menjalankan usahanya selalu melibatkan pemilihan bidang industri yang akan dimasuki, produk yang akan dibuat, metode distribusi, dan alternatif untuk memuaskan konsumen.

Struktur organisasi adalah bagan yang menggambarkan bagian-bagian yang ada dalam sebuah organisasi sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Ada beberapa jenis struktur organisasi, antara lain struktur organisasi fungsional (cocok digunakan dalam perusahaan yang mementingkan economisc of sale). Struktur organisasi devisional, setiap devisi berhak dan berkewajiban memperoleh laba yang akan disumbangkan kepada perusahaan. Struktur organisasi matrik membagi organisasi menjadi bagian fungsional dan proyek. Memilih struktur organisasi yang tepat harus mempertimbangkan tujuan, jenis, prholosofi manajemen, visi dan misi perusahaan.

Fungsi pokok manejemen pada dasarnya adalah berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian.
Akuntansi manajemen berhubungan dengan informasi kuantitatif berupa uang. Informasi operasi adalah informasi mengenai operasi perusahaan secara terperinci. Laporan keuangan merupakan klasifikasi dan ringkasan dari informasi operasi. Akuntansi manajemen merupakan perincian dari informasi juga merupakan sumber dari informasi akuntansi manajemen.
Tiga jenis konstruksi biaya dalam hubungannya dengan akuntansi menajemen, yaitu akuntansi biaya penuh, akuntansi biaya diferensial, dan akuntansi pertanggungjawaban. Harga penuh dari suatu item adalah jumlah seluruh biaya langsung yang berkenaan dengan item tersebut ditambah bagian yang layak dibebankan kepada item tersebut dengan biaya tidak langsung.
Akuntansi diferensial harus dijabarkan dalam bentuk uang, untuk biaya yang berhubungan dengan akuntansi diferensial disebut biaya diferensial, yakni biaya yang berbeda antara satu set kondisi/alternatif yang satu dengan kondisi yang lain.
Akuntansi pertanggungjawaban adalah hasil perbandingan pelaksanaan center dan rencana yang ada yang dilaporkan kepada pimpinan yang lebih tinggi.

0 Response to "RUANG LINGKUP AKUNTANSI MANAJEMEN"

Posting Komentar

Terima kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat..!!

Histats

Follow Us