Tugas Seorang Administrator Pendidikan

Yang disebut seorang administrator adalah orang yang melaksanakan tugas-tugas administrasi. Di sekolah kepala sekolah dapat disebut sebagai seorang administrator karena dia melaksanakan tugas-tugas administrasi. Sebagai administrator, kepala sekolah harus mengorganisasikan semua sumber daya secara efektif dan efisien sesuai dengan peraturan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam tugasnya kepala sekolah dibantu oleh personal sekolah, diantaranya wakil kepala sekolah, pegawai tata usaha, guru, wali kelas, dan koordinator bimbingan dan penyuluhan.
Tugas tiap personel disusun berdasarkan pekerjaan dan kedudukannya. Dengan demikian tiap personal mempunyai tugas yang berbeda. Secara garis besarnya tugas tersebut akan diperinci sebagai berikut :

a. Kepala Sekolah
Kedudukan kepala sekolah itu dinyatakan sebagai kepala atau pimpinan. Sebagai kepala sekolah ia tergolong administrator yang tugasnya melaksanakan kebijaksanaan, peraturan dan ketentuan yang telah digariskan dan ditetapkan oleh instansi atau lembaga yang lebih tinggi.
Dengan pengertian kepala sekolah merupakan administrator  yang mengemban tugas atasan. Di lain pihak kepala sekolah merupakan orang yang berpendidikan guru dan berpengalaman dalam bidang keguruan, dipilih dari kalangan guru atas dasar pilihan ini, sebenarnya kepala sekolah berkedudukan sebagai pemimpin guru.
Disamping memberi tugas dan tanggung jawab pada guru sekolah, kepala sekolah juga perlu memperhatikan kesejahteraan kepentingan maupun aspirasi para guru.
Secara terinci tugas kepala sekolah antara lain sebagai pembina :
- Proses belajar-mengajar
- Kesiswaan
- Kepegawaian
- Perlengkapan
- Keuangan
- Hubungan masyarakat
- Ketatausahaan sekolah

Dalam urusan kepegawaian kepala sekolah mempunyai tugas khusus dan bertanggung jawab dalam hal :
- Merencanakan kebutuhan, pengadaan dan pengangkatan calon pegawai atau guru.
- Pemindahan, pemberhentian, pensiun, cuti pegawai.
- Menyelenggarakan ketatalaksanaan urusan pegawai.

b. Wakil Kepala Sekolah
Tugas wakil kepala sekolah ialah membantu kepala sekolah menyalurkan pekerjaannya. Kedudukannya adalah pembantu dan pekerjaannya menyalurkan beberapa kegiatan administrasi yang dilimpahkan padanya.

c. Pegawai Tata Usaha Sekolah
Seorang tata usaha merupakan tenaga administrasi yang diangkat secara resmi. Kedudukannya dalam administrasi di bawah kepala sekolah, tugasnya mengerjakan kegiatan administrasi yang telah ditetapkan yaitu yang berhubungan dengan ketatalaksanaan kantor sekolah.

d. Guru (Dewan Guru)
Ditinjau dari struktur organisasi sekolah, kedudukan guru di bawah kepala sekolah. Dilihat dari fungsi organisasi sekolah, kedudukan guru adalah sentral, artinya menduduki inti dari fungsi sekolah. Seandainya guru ini tidak berfungsi maka sekolah tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu guru sering disebut tenaga fungsional, sedangkan tenaga administratif disebut tenaga struktural. Adapun tugas guru adalah mengajar dan mendidik. Tanggung jawab guru dalam bidang proses pengajaran meliputi :
- Tujuan khusus belajar-mengajar
- Materi dan kegiatan belajar-mengajar
- Metode belajar-mengajar
- Pemanfaatan media belajar-mengajar
- Membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar.
Disekolah dasar, guru sebagai guru kelas, bertugas pula dalam menyelenggarakan ketatalaksanaan kelas, seperti mencatat kehadiran siswa, memungut sumbangan pendidikan dan pemeliharaan kelas.

e. Koordinator Bimbingan dan Penyuluhan
Tugas dari personal ini antara lain :
- Menyusun program-program bimbingan dan penyuluhan
- Memonitor pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan
- Mengkoordinasikan dan mengatur pembagian tugas petugas bimbingan dan penyuluhan.

f. Wali Kelas
Seorang guru yang disamping melaksanakan kegiatan pengajaran, memegang salah satu kelas tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.
Wali kelas tersebut salah satu tugasnya adalah membantu memberikan berbagai keterangan yang diperlukan siswa, mengenal setiap pribadi siswa dengan segala karakternya. Disamping itu wali kelas juga melaksanakan kegiatan administrasi kelas.

Tugas Seorang Administrator Pendidikan


Pustaka :
________________

0 Response to "Tugas Seorang Administrator Pendidikan"

Posting Komentar

Terima kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat..!!

Histats

Follow Us