Istilah dan Pengertian Ketahanan Nasional

Istilah dan Pengertian Ketahanan Nasional
a. Ketahanan Nasional 
Adalah kondisi dinamis suatu bangsa berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional di dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, hambatan, gangguan maupun ancaman, baik yang datang dari dalam maupun dari luar, langsung maupun secara tidak langsung dapat membahayakan integritas, identitas dan kelangsungan hidup bangsa/negara serta perjuangannya mengejar tujuan perjuangan nasional.

b. Tantangan
Adalah suatu hal atau usaha yang bertujuan menggugah kemmapuan.

c. Hambatan 
Adalah suatu hal atau usaha yang berasal dari dalam diri sendiri yang bertujuan atau bersifat melemahkan/menghalangi kebijaksanaan dan dilaksanakan/dilakukan tidak secara konsepsional.

d. Gangguan 
Adalah hal atau usaha yang berasal dari luar yang bertujuan atau bersifat melemahkan/menghalangi kebijaksanaan dan dilakukan secara tidak konsepsional.
e. Ancaman 
Adalah suatu hal atau usaha yang berasal dari dalam atau dari luar yang bersifat merubah/merombak kebijaksanaan dengan konsepsional, kriminal maupun politik.

f. Ketangguhan 
Adalah kekuatan yang menyebabkan seseorang/sesuatu dapat bertahan, kuat menderita atau kuat menanggulangi beban.

g. Keuletan 
Merupakan usaha yang dilakukan secara terus menerus dengan diiringi kemauan keras di dalam mempergunakan segala kemampuan dan kecakapan untuk mewujudkan cita-cita yang diinginkan.
h. Identitas 
Adalah ciri khas dari suatu negara dilihat secara holistik (keseluruhan), yaitu negara yang dibatasi oleh wilayah, penduduk, sejarah, pemerintah, tujuan nasional serta peranan yang dimainkannya di dalam dunia internasional.

i. Integritas 
Adalah kesatuan yang menyeluruh di dalam kehidupan nasional suatu bangsa, baik sosial, alamiah, potensi maupun fungsional.

Tujuan Ketahanan Nasional
Tujuan penyelenggaraan Ketahanan Nasional adalah untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara di dalam kerangka mewujudkan cita-cita mencapai tujuan nasional.
Tujuan nasional berfungsi memberi pengarahan, motivasi dan identitas nasional yang merangsang, mendorong, mengarahkan usaha-usaha nasional.
Tujuan nasional berintikan landasan falsafah negara yang mengandung sejumlah nilai sosial budaya, politik, ekonomi, dan pertahanan keamanan yang hendak dibina.



Pustaka :
--------------

0 Response to "Istilah dan Pengertian Ketahanan Nasional"

Posting Komentar

Terima kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat..!!

Histats

Follow Us