Makna Spritual Bentuk-Bentuk Geometri

Saat kita melihat matahari atau bulan yang bulat, gunung yang berbentuk segitiga lancip di atas, bintang yang bersinar, nyala api yang menyala ke atas, kita memahami adanya bentuk geometri di alam semesta. Tanpa kita sadari kita, telah ada interaksi antara bentuk-bentuk geometri dan diri kita. Itulah sebabnya para leluhur kita membuat tempat pemujaan dengan bentuk geometri tertentu untuk membangkitkan rasa terdalam dalam diri manusia. Pada saat ini kita pun sudah terbiasa melihat bentuk geometris kubah masjid, bangunan gereja, vihara ataupun pura.


Kita juga melihat bentuk geometri atap joglo yang mirip dengan bangunan piramida di Mesir. Bahkan kita juga melihat bentuk geometris nasi tumpeng yang menyerupai replika dari sebuah gunung.



Sebuah candi adalah bangunan yang digunakan sebagai tempat pemujaan. Candi adalah alat atau yantra untuk menenangkan pikiran manusia agar terfokus pada Hyang Maha Kuasa. Dalam hal ini bentuk geometri digunakan sebagai alat yang efisien untuk kontemplasi, konsentrasi dan meditasi. Bangunan geometri sebuah candi membawa makna spiritual dan dapat membawa penggunanya ke tingkat kesadaran yang lebih tinggi.
Bentuk geometris sederhana seperti: lingkaran, garis, segitiga, bujur sangkar, segi lima, segi enam dan kelopak bunga teratai mewakili getaran-getaran energi yang halus. Dalam artikel di internet, “Sacred Geometry in Buildings” kita mendapatkan informasi antara lain:


Lingkaran. Lingkaran adalah geometri yang secara tradisional dianggap mewakili Tuhan. Sebelum alam semesta diciptakan tidak ada yang lain kecuali Tuhan, bahkan tidak waktu dan ruang. Keliling lingkaran adalah batas segala yang ada. Lingkaran juga memperlihatkan bentuk simetri dilihat dari arah mana saja. Titik (bindu)adalah lingkaran juga tetapi sangat kecil.
Garis. Produk yang paling fundamental atau penciptaan adalah diameter. Jumlah diameter tak terbatas, tetapi mereka semua identik satu sama lain. Jadi benar-benar hanya ada satu diameter. Diameter adalah garis lurus - yang menghubungkan dua titik, yang terletak pada posisi yang berlawanan secara ekstrim. Garis merupakan objek tunggal, kesatuan, dan akhirnya titik dualitas melambangkan kutub yang berlawanan. Satu dalam arti eksklusivitas mutlak berbeda dengan satu sebagai unit di antara yang banyak. Hanya Tuhan yang merupakan kesatuan mutlak. Karena itu angka satu mewakili penciptaan dan manifestasi dan hanya Tuhan yang mempunyai kesatuan mutlak.

Sebuah garis lurus, dalam hal ini diameter, memiliki dua titik ujung, yang identik tetapi berlawanan. Dua menimbulkan penciptaan karena mereka dapat mengenali yang lain. Karena garis lurus memiliki dua titik ujung, sehingga arah aliran atau pengakuan kepada sesuatu yang lain dapat terjadi. Hal ini dapat dinyatakan bahwa dualitas, diwakili oleh angka 2, atau prinsip yang paling mendasar dari penciptaan. Tidak ada yang bisa ada tanpa kebalikannya. Jadi diameter lingkaran melambangkan manifestasi pertama dan paling mendasar dalam ciptaan. Hubungan yang ada antara Tuhan dan ciptaan-Nya. Semua bentuk-bentuk geometris muncul dari prinsip dasar, garis lurus yang menghubungkan dua titik ujung.
Penciptaan adalah proses mewujudkan sesuatu dari ketiadaan. Untuk memahami hal ini dengan cara lain, marilah kita mempertimbangkan proses secara terbalik. Jika kita mengambil dua angka yang sama dan berlawanan, +1 dan -1. Penciptaan dinyatakan sebagai 0 = +1 -1, yang menunjukkan bagaimana sesuatu dapat dibuat dari ketiadaan. Bayangkan sebuah pelat yang tak terbatas, polos, setiap titik adalah sama dengan setiap titik lainnya. Ruang dan waktu akan menjadi tidak berarti. Sekarang apabila kita membuat satu sendok, yang memiliki dua fitur yang sama dan berlawanan, lubang cekung dan gundukan cembung, kita telah menciptakan sesuatu dari ketiadaan.
Ini menunjukkan bahwa dualitas adalah fitur penting dari penciptaan, dan dalam kenyataannya kita juga tidak terkecuali. Berlawanan kutub merupakan bagian penting dari realitas kita agar kita dapat mengidentifikasi siapa kita dengan memungkinkan kita untuk membedakan dan membuat penilaian. Kita hanya bisa mengenal diri dengan mengetahui orang lain. Kita hanya dapat mengetahui baik dengan memahami yang buruk. Kita bisa memahami yang tak terbatas dengan mempunyai persepsi apa yang terbatas. Dualitas memungkinkan kita untuk belajar dan tumbuh dengan polaritas memahami dan bertindak seperti yang kita anggap benar bagi kita. Tetapi sebenarnya, dualitas tidak mutlak tetapi hanya keadaan potensial, karena kita membuat apa yang benar atau salah melalui apa yang kita percayai. Keadilan menjadi penilaian berdasarkan pada apa yang kita anggap sebagai ketidakadilan. Satu tidak dapat ada tanpa yang lain, untuk hanya percaya pada keadilan, kita perlu menyimpulkan lebih dulu adanya ketidakadilan. Kita semua ada di tingkat mental di dalam suatu sistem kepercayaan tertentu yang didasarkan pada apa yang kita rasakan, apa yang kita lihat, dan apa yang kita diberitahu. Penilaian pribadi ikut bermain, tapi penilaian sosial dan keagamaan yang muncul dari kesadaran kelompok di mana kita mengidentifikasi cenderung memegang pengaruh terkuat. Sistem kepercayaan bervariasi dari satu orang ke orang lain, dari satu budaya ke budaya lain, dari satu agama ke agama lain, dan dari satu bangsa yang lain.

Segitiga. Angka tiga adalah Kekuatan Di Balik Penciptaan. Langkah berikutnya dalam penciptaan, pindah dari 2 titik pada keliling lingkaran, ke 3 titik dalam lingkaran. Ketika berada dalam simetri satu sama lain, terbentuklah segitiga sama sisi. Tiga elemen struktur linier dihubungkan bersama pada titik-titik akhir mereka membentuk bingkai kaku - prinsip dasar rekayasa. Tiga serangkai atau trinitas dalam hal esoterik mengungkapkan struktur yang kaku, dan menunjukkan stabilitas dalam ciptaan berdasarkan tiga prinsip mendasar. Kristen/Katholik mengakui prinsip-prinsip Bapa, Anak dan Roh Kudus sebagai komponen penting dari iman rohani. Dalam Hindu, Upanishad menggambarkan tiga wujud Tuhan sebagai Brahma, Siwa dan Wisnu.

Segiempat. Angka empat adalah manifestasi. Alun-alun adalah segi empat yang mempunyai empat arah mata angin: utara, selatan, timur dan barat, dan dalam 3-dimensi bentuk, kubus (yang terkandung dalam bola) mendefinisikan 3 arah 3-dimensi realitas. Persegi dan kubus merupakan manifestasi fisik yang belum berkembang. Potensi yang ada dalam diri yang belum berkembang. Sebagai contoh, kubus itu mempunyai persegi empat diagonal yang lebih besar. Ini menciptakan spiral yang menunjukkan energi dinamis dalam semua ciptaan. Ini melambangkan involusi dan evolusi, kemajuan ke arah yang tak terbatas, baik ke dalam dan ke luar. Empat juga merupakan produk pertama dari proses prokreasi, yaitu dari perkalian 2 x 2 = 4. Penggunaan eksklusif persegi dan persegi panjang dalam arsitektur barat mengungkapkan fokus obsesif pada dunia material.

Segi lima. Langkah berikutnya adalah angka lima, yang membawa kesadaran meluas menjadi materi berdasarkan proporsi emas (golden ratio). Lima titik dengan jarak yang sama pada keliling lingkaran menimbulkan pentagon, di mana terletak pentagram atau 5-bintang berujung. Hal ini umum diterima sebagai mewakili gambaran orang - kepala, dua kaki mengangkang, dan dua lengan terentang.
Diagonal dari segilima (besarnya 1,618 panjang sisi, lihat penjelasan golden ratio), dalam hubungan proporsional dengan sisi adalah bentuk termurni dari proporsi, dan dengan demikian mewakili kesadaran manusia di posisi yang paling harmonis. Semua ekspresi kreatif yang berasal dari manusia dapat dievaluasi untuk tingkat di mana mereka menghubungkan proporsi emas.
Lima yang dominan dalam struktur bentuk kehidupan banyak. Bunga-bunga eksotis cinta, mawar, anggrek, yang azalea dan bunga gairah, semua diatur oleh simetri pentagonal, seperti bunga-bunga dari semua buah-bantalan tanaman dapat dimakan. Mereka menunjukkan karunia Sang Pencipta dalam bidang yang murni fisik. Amerika Serikat pusat administrasi bertempat di sebuah bangunan yang dikenal sebagai Pentagon. Tanda ini mestinya dimaksudkan untuk membawa harmoni di seluruh dunia.

Segi enam. Bila 5 mengekspresikan potensi untuk harmoni yang tersembunyi dalam dunia materi, maka 6 adalah representasi yang simetri dan keseimbangan secara eksplisit. Segi enam memiliki semua diagonal-diagonalnya melewati pusat lingkaran dan sama dengan diameter. Ini memiliki enam sumbu simetri. Di dalamnya terletak heksagram (6-menunjuk bintang) dan 3-dimensi bentuk tetrahedron bintang. Heksagram adalah terdiri dari dua segitiga sama sisi yang dipasang berkebalikan. Trinitas memiliki direplikasi sendiri dalam dunia materi yang diwakili oleh segitiga terbalik atas. Segitiga yang lebih rendah adalah refleksi dari yang atas. Heksagram dengan demikian menyajikan tantangan bagi manusia untuk mengakui keilahian sendiri. Sebuah bangunan menggabungkan segi enam tematik membawa serta getaran penyembuhan spiritual.
Sebuah hubungan yang sama antara Tuhan dan ciptaan-Nya dalam hal dapat dilihat di Piscis Vesica, di mana dua lingkaran tumpang tindih. Luas tumpang tindih mendefinisikan perpaduan sempurna antara materi dan roh. Sebuah koneksi ada di dua simbol karena Vesica adalah dasar geometrik untuk membangun heksagram ini - titik persimpangan lingkaran menentukan titik-titik bintang .. Vesica juga dapat dilihat sebagai dua aspek Tuhan dalam tingkat materi penciptaan - maskulin dan feminin, berlawanan kutub dalam kemanusiaan yang timbul dari dualitas. Dua lingkaran terpisah mendefinisikan pemisahan antara jantan dan betina, tetapi mereka terintegrasi. Vesica mengekspresikan potensi kuat dalam umat manusia untuk mencapai keselarasan melalui campuran kualitas maskulin dan feminin. Daerah superimposed secara tradisional dilihat sebagai ikan atau Pisces yang menyatakan simbol Kristus.

0 Response to "Makna Spritual Bentuk-Bentuk Geometri"

Posting Komentar

Terima kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat..!!

Histats

Follow Us