DEFINISI MUTU PENDIDIKAN KOMPREHENSIF

Deming seorang filosofis cenderung pemahaman mutu ke dalam hubungan atau interaksi manusia, dalam tatanan tenaga kerja yang untuk melakukan pekerjaan yang baik dan menggunakan proses manjerial di dalam melakukan tugas-tugasnya, sehingga mutu akan berlangsung secara alamiah. Dengan demikian definisi mutu menurut Deming adalah “Suatu tingkat atau derajat variasi yang dapat diramalkan dalam menerima standar dan keandalan yang ditentukan pada biaya yang rendah”.
Prinsip-prinsip dasar dari teori Deming yang dapat diterapkan ke dalam peningkatan mutu pendidikan ialah:

  1. Dewan pendidikan atau komite sekolah harus berupaya keras untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan visi, misi dan tujuan pendidikan.
  2. Fokus, manajemen mutu harus ditekankan pada pencegahan kegagalan peserta didik dalam belajar dan mendeteksi penyebab kegagalan dalam belajar.
  3. Penggunaan pengendalian mutu perlu dilaksanakan secara ketat sehingga dapat mendeteksi kinerja guru dan kinerja tenaga administratif yang dapat meningkatkan kinerja peserta didik.

Definisi mutu yang lain dikemukakan oleh Joseph. el. Juran yang terkenal sebagai “Bapak Manajemen” mendefinisikan mutu “Berbagai keserasian dalam penggunaan dan mempertahankan misi mutu dasar dari suatu untuk mengembangkan berbagai program dan pelajaran yang memenuhi kebutuan dari pengguna, misalnya peserta didik dan masyarakat”.
Lebih jauh Juran menyatakan bahwa “Keserasian dalam penggunaan mutu, kelayakannya ditentukan dari sudut pandang pengguna bukan oleh penyedia”.

0 Response to "DEFINISI MUTU PENDIDIKAN KOMPREHENSIF"

Posting Komentar

Terima kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat..!!

Histats

Follow Us