Pengertian Administrasi Pendidikan

Administrasi pendidikan bukan diartikan sebagai ketatausahaan pendidikan. mendefinisikan administrasi pendidikan tidak begitu mudah, karena menyangkut pengertian yang luas. Culbertson (1982), mengatakan bahwa Schab telah mendiskusikan bagaimana kompleksnya administrasi sebagai ilmu. Ia memperkirakan bahwa ada sekitar 50.000 masalah yang mungkin timbul pelaksanaan administrasi pendidikan.

a. Kerja Sama
Administrasi pendidikan mempunyai pengertian kerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan. seperti kita ketahui tujuan pendidikan merentang dari tujuan yang sederhana sampai dengan tujuan yang kompleks. Tergantung lingkup dan tingkat pengertian pendidikan mana yang dimaksud.

b. Proses
Administrasi pendidikan mengandung pengertian proses untuk mencapai tujuan pendidikan. proses ini dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pemantauan yaitu suatu kegiatan untuk mengumpulkan data dalam usaha mengetahui sudah sampai sejauh mana kegiatan pendidikan telah mencapai tujuan, dan kesulitan apa yang ditemui dalam pelaksanaan itu, dalam proses pencapaian tujuan.

c. Kerangka berfikir sistem
Administrasi pendidikan dapat dilihat dengan kerangka berfikir sistem. Sistem adalah keseluruhan yang terdiri dari bagian-bagian dan bagian-bagian itu berinteraksi dalam suatu proses untuk mengubah masukan menjadi keluaran.

d. Manajemen 
Administrasi pendidikan juga dapat dilihat dari segi manajemen. Jika administrasi dilihat dari sudut ini, perhatian tertuju kepada usaha untuk melihat apakah pemanfaatan sumber-sumber yang ada dalam mencapai tujuan pendidikan itu sudah mencapai sasaran yang ditetapkan dan apakah dalam pencapaian tujuan itu tidak terjadi pemborosan. Sumber yang dimaksud dapat berupa sumber manusia, uang, sarana dan prasarana maupun waktu.

e. Kepemimpinan
Administrasi pendidikan dilihat dari kepemimpinan merupakan usaha untuk menjawab pertanyaan bagaimana dengan kemampuan yang dimiliki administrator pendidikan itu, ia dapat melaksanakan Tut Wuri Handayani, Ing Madyo Mangun Karso Sung Tulodo, dalam pencapaian tujuan pendidikan.

f. Pengambilan Keputusan
Administrasi pendidikan dilihat dari proses pengambilan keputusan. Administrator dihadapkan pada bermacam-macam masalah, dan ia harus dapat memecahkan masalah itu. Untuk memecahkan masalah tersebut diperlukan kemampuan dalam mengambil keputusan, yakni memilih kemungkinan tindakan yang terbaik dari sejumlah kemungkinan-kemungkinan tindakan yang dapat dilakukan.

g. Komunikasi
Administrasi pendidikan dilihat dari segi komunikasi. Komunikasi dapat diartikan secara sederhana sebagai usaha untuk membuat orang lain mengerti apa yang kita maksudkan dan kita juga mengerti apa yang dimaksudkan orang lain.

h. Ketatusahaan 
Administrasi pendidikan sering diartikan sebagai kegiatan ketatausahaan yang intinya adalah kegiatan rutin catat-mencatat, mendokumentasikan kegiatan, menyelenggarakan surat-menyurat dengan segala aspeknya, serta mempersiapkan laporan. Hanya kegiatn ini tidak seluruhnya mencerminkan perhatian adiministrasi dalam arti sebenarnya.



0 Response to "Pengertian Administrasi Pendidikan"

Posting Komentar

Terima kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat..!!

Histats

Follow Us