Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar

Matemtika adalah salah satu bagian dari isi pendidikan yang harus disampaikan di Sekolah Dasar, karena matematika merupakan ilmu yang universal dan mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu, juga memajukan daya pikir manusia. Kurikulum 2006 (BSNP) menjelaskan bahwa :

“Matematika adalah mata pelajaran yang perlu diberikan kepada semua siswa mulai dari Sekolah Dasar untuk membekali para siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, kritis, kreatif serta kemampuan kerja sama, agar dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah dan tidak pasti dan kompetitif”.

Tujuan pembelajaran matematika seperti yang diuraikan dalam Kurikulum 2006 (BSNP) adalah agar peserta didik memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.

Tujuan pembelajaran matematika di atas menggambarkan bahwa matematika adalah suatu ilmu yang berkembang baik secara materi maupun kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu penguasaan materi matematika harus ditanamkan sejak dini. Sehingga siswa mempunyai dasar ilmu untuk dikembangkan dalam menghadapi perkembangan zaman dan teknologi saat ini dan masa yang akan datang.

Mata pelajaran matematika menurut Kurikulum 2006 (BSNP, 98) meliputi aspek-aspek sebagai berikut : bilangan, geometri, pengukuran dan pengolahan data.

Materi di kelas 1 hanya meliputi bilangan saja. Matematika bukanlah mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, terbukti dengan fakta bahwa sebelum bisa membaca dan menulis, anak pra sekolah sudah dapat berhitung lebih dulu dengan menghafalkan urutan bilangan. Tetapi pada tahap selanjutnya matematika selalu dianggap mata pelajaran yang sangat sulit. Kesulitan yang dialami siswa ini akan mengurangi minat dan motivasi siswa untuk belajar.



Pustaka:
---------------------------



0 Response to "Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar"

Posting Komentar

Terima kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat..!!

Histats

Follow Us