Materi Penjumlahan Bilangan Cacah

Materi pelajaran matematika termasuk materi yang abstrak, oleh karenanya hanya orang-orang yang dapat berpikir abstrak saja yang dapat mempelajari matematika. Bagi siswa SD akan kesulitan belajar matematika, jika gurunya tidak menyesuaikan dengan kemampuan berpikir siswa siswinya. Karena sifat abstraknya itu maka guru harus memulai materi dalam belajar matematika dari konkret menuju abstrak. Misal, jika guru akan mengajarkan penjumlahan bilangan cacah “2+3=5”, tahap-tahapnya adalah sebagai berikut :

Ambillah contoh-contoh benda yang dapat mewakili bilangan 5 dan bilangan 3, misalnya kelereng, lidi dan sebagainya.

(1) Lakukan penggabungan antara 5 kelereng dengan 3 kelereng menjadi satu wadah, suruhlah siswa untuk menghitung satu persatu kelereng yang sudah dijadikan satu wadah tersebut.

(2) Tulislah kejadian tersebut dalam kalimat “dua kelereng ditambah tiga kelereng sama dengan delapan kelereng”.

(3) Lakukanlah penggunaan lambang bilangan dengan simbol-simbol atau lambang-lambang matematika yang digunakan, seperti : “5 kelereng + 3 kelereng = 8 kelereng”.

Pada tahap berikutnya pada siswa di berikan bilangan yang lebih besar seperti tahapan di atas, namun dilanjutkan pada penggunaan kalimat matematika dan penjumlahan dengan berbagai teknik.

Pustaka :
----------------

0 Response to "Materi Penjumlahan Bilangan Cacah"

Posting Komentar

Terima kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat..!!

Histats

Follow Us