Menyusun Rencana Pembelajaran Menggunakan LKS Berbasis Kontekstual

Bagaimana Menyusun Rencana Pembelajaran Menggunakan LKS Berbasis Kontekstual, Dalam pembelajaran kontekstual, program pembelajaran lebih merupakan rencana kegiatan kelas yang dirancang guru, yang berisi skenario tahap demi tahap tentang apa yang akan dilakukan bersama siswanya sehubungan dengan topik yang akan dipelajarinya. Dalam program tercermin tujuan pembelajaran, media untuk mencapai tujuan tersebut, materi pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan authentic assessmennya.Dalam konteks itu, program yang dirancang guru benar-benar rencana pribadi tentang apa yang akan dikerjakannya bersama siswanya.

Secara umum tidak ada perbedaan mendasar format antara program pembelajaran konvensional dengan program pembelajaran kontekstual. Sekali lagi, yang membedakannya hanya pada penekanannya. Program pembelajaran konvensional lebih menekankan pada deskripsi tujuan yang akan dicapai (jelas dan operasional), sedangkan program untuk pembelajaran menggunakan LKS berbasis kontekstual, pembelajaran menekankan pada penggunaan LKS sebagai media untuk mengembangkan aktifitas siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Atas dasar itu, saran pokok Lailatul (2009) berpendapat bahwa dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menggunakan LKS berbasis kontekstual adalah sebagai berikut:
  1. Nyatakan kegiatan pertama pembelajarannya, yaitu sebuah pernyataan, kegiatan siswa yang merupakan gabungan antara Standar Kompetensi, Kompetensi dasar, Materi Pokok dan Pencapaian Hasil Belajar.
  2. Nyatakan tujuan umum pembelajarannya.
  3. Rinci beberapa aktifitas yang perlu.
  4. Buatlah skenario tahap demi tahap kegiatan siswa
  5. Nyatakan authentic assessmentnya, yaitu dengan data apa siswa dapat diamati partisipasinya dalam pembelajaran.

0 Response to "Menyusun Rencana Pembelajaran Menggunakan LKS Berbasis Kontekstual"

Posting Komentar

Terima kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat..!!

Histats

Follow Us