Hukum dan Hikmah Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar | Makalah Agama

Hukum dan Hikmah Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar
Amar Ma’ruf dan Nahyi Munkar salah satu Pokok kekuatan Islam bukan tertumpu pada penataan kekuatan senjata untuk menghadang pihak luar yang memusuhi. Pokok kekuatan Islam lebih tertumpu pada pelaksanaan ajaran dalam kehidupan umat Islam. Betapapun muslim kuat dari segi ilmu dan  teknologi dalam menghadapi ancaman luar, tetap kekuatan senjata itu tidak banyak berarti apabila di belakangnya di kendalikan oleh hati orang-orang yang tidak memiliki komitmen yang sungguh-sungguh pada Islam dan  tidak terbina oleh amal-amal Islami menjadi dalam mendekatkan Muslim kepada Islam dan  menciptakan lingkungan yang Islami. Bencana yang paling berbahaya mengancam kehidupan masyarakat muslim adalah bencana kemunkaran. Tidak ada bencana lebih hebat dalam merusak tatanan kehidupan muslim melebihi kemunkaran. 
Massalah pencegahan kemunkaran menjadi kewajiban yang mendapat perhatian khusus dalam Islam, sehingga derajat keimanan seseorang dikaitkan langsung dengan kesungguhan dan kemampuannya dalam mencegah kemunkaran. Rasuluullah Saw. bersabda: Barangsiapa melihat kemunkaran hendaklah ia merubahnya dengan tanganya. Jika tidak mampu, maka dengan lisannya. Dan jika tidak mampu juga, maka dengan hatinya, dan tindakan itu merupakn selemah-lemahnya. Hadis ini langusng menetapkan adanya tiga tingkat strategi pencegahan kemunkaran.

Selengkapnya Makalah Hukum dan Hikmah Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar bisa anda baca atau unduh pada link di bawah, Silahkan klik

Hukum dan Hikmah Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar



0 Response to "Hukum dan Hikmah Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar | Makalah Agama"

Posting Komentar

Terima kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat..!!

Histats

Follow Us