Faktor yang Berpengaruh Terhadap Ekosistem

Faktor yang berpengaruh terhadap ekosistem

A. Temperatur
Temperatur mempengaruhi semua kegiatan tumbuhan seperti absorbsi air, fotosintesis, transpirasi, respirasi, perkecambahan, tumbuh dan reproduksi. Perbedaan yang besar dalam suhu, durasi dan lamanya masa tumbuh adalah faktor-faktor
Temperatur yang rendah hampir sama pengaruhnya dengan temperatur tinggi. Keduanya sama-sama mempengaruhi proses metabolisme tumbuhan. Pengaruh temperatur rendah umumnya dijumpai didaerah-daerah subtropika, yang kadang-kadang mengalami musim dingin yang dingin sekali sehingga dapat menyebabkan kematian tumbuhan karena rusaknya sistem akar, pepagan dan kuncup. Matinya tumbuhan yang terkena suhu rendah sekali bukan disebabkan oleh pengaruhnya yang langsung melainkan karena akibat terbentuknya es di dalam jaringan. ( Siti Sutarmi T,1983:180) 

B. Air
Curah hujan tahunan merupakan salah satu faktor utama dalam menentukan distribusi tumbuhan. Meskipun demikian, pengaruhnya dapat berubah oleh penyebaran hujan selama setahun.
Objek wisata Karangkamulyan berada dikabupaten Ciamis Propinsi jawa barat yang secara geografis terletak diantara 5050’ LS dan 104048’ – 104048BT, Dengan Iklim dijawa barat adalah Tropis, dengan suhu 90C dipuncak Gunung Pangrango dan 340C dipantai utara, Curaha hujan rata-rata 2.000mm pertahun, namun dibeberapa daerah pegunungan antara 3.000 sampai 5.000mm per tahun (www.jabar.go.id) 
Temperatur udara merupakan faktor penting dalam menentukan tingkat keefektifan hujan. Temperatur tinggi akan meningkatkan laju Evapotranspirasi di daerah yamg panas misalnya, mugkin dibutuhkan air sebanyak dua kali jumlah yang diperlukan tanaman yang sama didaerah yang lebih dingin. ( Siti Sutarmi T,1983:181)

C. Cahaya
Cahaya adalah faktor penting dalam menentukan penyebaran dan pembentukan tumbuhan, berdasarkan adatasi terhadap cahaya ada jenis-jenis tumbuhan yang memerlukan cahaya penuh atau disebut peka naungan,seperti pada bunga matahari dan adapula tumbuhan yang tahan naungan bahkan tumbuhan tersebut perlu adanya naungan seperti tumbuhan kopi dan coklat.
Meskipun kaetahanan semacam itu penting dalam menentukan kehidupan jenis-jenis tumbuhan disuatu daerah tertentu, namun persaingan dalam hal air dan unsur-unsur esensial oleh akar ternyata lebih penting.      ( Siti Sutarmi T,1983:188)

D. Faktor-faktor tanah
1. Temperatur tanah 
Temperatu tanah merupakan faktor nyata yang berpengaruh terhadap pertumbuhan, pengaruhnya terutama terhadap absorbsi air dan mineral, Pada temperatur tanah rendah laju absorbsi akan rendah pula karena respirasi dan pertumbuhan akar yang rendah, Demikian pula halnya dengan bakteri yang berperan sebagai dekomposer dalam keadaan tanah yang dingin menjkadi tidak efektif, sehingga unsur-unsur hara mineral menjadi kurang tersedia bagi akar.
2. Reaksi tanah
Banyak jenis tumbuhan budidaya maupun tumbuhan liar dapat hidup hanya dalam keadaan Ph tertentu,tumbuhan yang teramat peka terhadap pengaruh keadaan asam dan basa ialah beberapa jenis paku-pakuan, anggrek, dan kebanyakan tumbuhan kacang-kacangan. ( Siti Sutarmi T,1983:189)

Pustaka
Soedjiran. 1984. Pengantar Ekologi, Remaja Rosdakarya. Bandung.

0 Response to "Faktor yang Berpengaruh Terhadap Ekosistem"

Posting Komentar

Terima kasih atas Kunjungannya, semoga bermanfaat..!!

Histats

Follow Us